mataram

Diposting oleh chik wijaya kusuma Selasa, 18 Mei 2010

Mataram Islam … !!! (11) September 3, 2009

Posted by triatmono in History.
trackback
8 Votes
Quantcast


Setelah Ki Ageng Pemanahan wafat, maka Ki Juru Mertani beserta anak-anak Ki Ageng Pemanahan pergi ke Pajang… untuk menghadap Kanjeng Sultan Hadiwijaya … !!! Ki Juru Mertani memberitahukan perihal wafatnya Ki Ageng Pemanahan … !!! Bagaikan mendengar seribu petir di siang hari bolong… Kanjeng Sultan Hadiwijaya begitu kaget … !!! “Kakang Pemanahan wafat… benarkah itu … ???”, tanya Sultan Hadiwijaya … kepada Ki Juru Mertani … !!! Ki Juru Mertani hanya bisa menganggukkan kepalanya… menjawab pertanyaan Kanjeng Sultan … !!!

Terbayang dimata Kanjeng Sultan Hadiwijaya… ketika ia nyaris tertipu daya oleh Adipati Arya Penangsang… ketika bertemu ditempat Kanjeng Sunan Kudus … !!! Ketika itu … Arya Penangsang nyaris menikam Sultan Hadiwijaya dengan keris yang dipinjamnya dari Sultan Hadiwijaya … !!! Langsung saza Ki Ageng Pemanahan memberikan kode… agar ia segera mengambil keris yang lain… sehingga ia tidak terperdaya oleh Arya Penangsang (jika ada waktu … kita bahas tentang Joko Tingkir red.) … !!! :)

Terbayang pula… Ki Ageng Pemanahan begitu setia kepada Pajang… dan menepati janji… tidak akan melawan dan memberontak kepada Pajang… dan selalu setia kepada Kanjeng Sultan Hadiwijaya … !!! Dan tanpa terasa Kanjeng Sultan Hadiwijaya meneteskan air mata… begitu dalam kesedihan dan kehilangan Kanjeng Sultan Hadiwijaya … !!! Setelah hening berapa lama… Ki Juru Mertani pun… berkata … “Kanjeng Sultan,… sesuai wasiat dari Ki Ageng Pemanahan… Danang Sutawijaya telah ditunjuk sebagai pengganti Kakang Pemanahan … !!! Apakah Kanjeng Sultan setuju dengan wasiat Kakang Pemanahan tersebut … ???”

Sultan Hadiwijaya mengela nafas… dan berkata,… “Pilihan Kakang Pemanahan adalah tepat… hanya anakku laagh Sutawijaya yang paling pantas memimpin daerah Mataram … !!!”. Selanjutnya Sultan Hadiwijaya … berkata kepada Sutawijaya,… “Anakku, Sutawijaya… kuperkenankan bagimu untuk memimpin Mataram… bangunlaagh Mataram… dan kuijinkan bagimu selama satu tahun untuk tidak menghadapku untuk membangun Mataram… !!! Namun setelah genap satu tahun… engkau harus menghadapku … !!!” Demikianlah titah Kanjeng Sultan Hadiwijaya … !!!

Ki Juru Mertani… dan anak-anak Ki Ageng Pemanahan… mohon pamit… untuk kembali ke Mataram… !!! Setelah mereka pulang,… kembali terngiang di telinga Kanjeng Sultan Hadiwijaya… tentang ramalan akan timbulnya matahari dari Mataram … !!! Ia pun menyadari… dengan meninggalnya Ki Ageng Pemanahan… maka sudah tidak ada jaminan lagi… bahwa Mataram akan tunduk dibawah Pajang … !!!

Ingin rasanya ia menggempur Mataram… dengan menugaskan Pangeran Benawa dengan Patih Manca Negara… agar Mataram tidak menjadi ancaman di kemudian hari … !!! Namun ia teringat pesan yang sangat diwanti-wanti oleh Sunan Giri… jika ia menggempur Mataram… maka ia akan mendapatkan bala / bencana … !!! Termenung Kanjeng Sultan Hadiwijaya… dan ia hanya bisa memasrahkan segala sesuatu nya … kepada kehendak Allah SWT … !!! :D

0 komentar

Posting Komentar